Harga Pulsa Turun, Deflasi Agustus Terendah Dalam 15 Tahun

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan terjadi penurunan harga pada bahan makanan, transportasi, pulsa dan jasa keuangan  di bulan Agustus lalu. Setelah pada bulan sebelumnya yaitu bulan Lebaran  harga-harga naik, di bulan bangsa Indonesia merayakan kemerdekaannya justru terjadi banyak penurunan harga.

Dari laporan BPS hari Rabu (1/9), penurunan harga tersebut membuat indeks harga konsumen bulan Agustus menurun cukup banyak sampai terjadi deflasi bahkan merupakan deflasi terendah dalam 15 tahun terakhir. Deflasi pada bulan Agustus 0,02% setelah bulan sebelumnya inflasi 0,69% dan terendah sejak Agustus 2001 dimana saat itu deflasi 0,21%.

Menurut Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Sasmito Hadi Wibowo dalam jumpa pers di gedung BPS bahwa deflasi dikontribusi oleh penurunan harga  terbesar terjadi pada kelompok transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan  sebesar 1,02%, yang diikuti dengan harga bahan makan yang turun 0,68%.

Sasmito menyatakan penurunan harga yang terjadi pada kelompok transportasi karena turunnya tarif angkutan darat  dan angkutan udara pasca lebaran , lalu di kelompok komunikasi oleh turunnya harga pulsa.

Sebaliknya pada bulan Agustus terjadi kenaikan harga pada  kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga hingga 1,18%. Inflasi ini terlihat dari naiknya uang  sekolah untuk SD, SMP, SMA, dan kuliah. Disusul oleh kenaikan pada harga kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau  hingga 0,41%. Kenaikan harga lainnya terjadi pada tarif   air, listrik, gas, dan bahan bakar  hingga 0,41%.

open-account-button

 

Pemberitahuan Adanya Resiko: Perdagangan Kontrak Berjangka belum tentu layak bagi semua investor. Investasi ini dapat menghasilkan keuntungan yang besar, namun juga menghasilkan kerugian yang besar hingga habisnya dana yang di investasikan. Pastikan anda benar-benar mengerti resiko dan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan. Informasi di dalam website ini tidak menjamin keberhasilan (profit/keuntungan) dalam melakukan transaksi di PT. Century Investment Futures dan PT. Century Investment Futures tidak bertanggung jawab atas kegagalan (loss/kerugian) yang terjadi pada transaksi akibat menggunakan website ini sebagai referensi.

bappebtijfxicdxlogokbibaruEichLOGO RTFI PNG 2Metaquotes company logo 1