Produksi Industri Korea Selatan Juli Naik Tiga Bulan Berturut

Produksi industri Korea Selatan maju untuk bulan ketiga berturut-turut pada bulan Juli pada kenaikan produksi chip dan bahan kimia, sebuah laporan pemerintah menunjukkan Rabu (31/08).

Produksi di industri pertambangan, manufaktur, gas dan listrik naik 1,6 persen bulan lalu dari tahun lalu, menurut laporan oleh Statistik Korea.

south-korea-industrial-production (5)

Sosok Juli menandai 3 bulan kenaikan berturut-turut, menyusul lonjakan 4,7 persen pada Mei dan keuntungan 0,8 persen pada Juni.

Dari bulan sebelumnya, produksi industri juga naik 1,4 persen. Produksi di sektor jasa menambahkan 2,7 persen dari tahun sebelumnya.

Untuk semua industri, produksi naik 3,2 persen pada tahunan pada bulan Juli tetapi mundur 0,1 persen dari bulan sebelumnya, kata laporan itu.

Penjualan ritel naik 2,6 persen dari tahun sebelumnya bulan lalu namun merosot 4,3 persen dari bulan sebelumnya terutama karena program pemotongan pajak cukai yang dipimpin pemerintah yang berakhir pada 30 Juni.

Penjualan barang tahan lama tenggelam 9,9 persen pada bulan, dengan penjualan dari mobil penumpang terjun 26,4 persen pada bulan. "Sebuah penurunan tajam dalam penjualan mobil sangat membebani data penjualan ritel dan produksi dari bisnis grosir dan eceran," kata Eo Woon-sun, direktur divisi statistik industri jangka pendek di Statistik Korea.

"Tapi secara tahunan, tren kenaikan terus berlanjut bulan lalu, pulih dari efek negatif dari Respiratory Syndrome Timur Tengah."

Untuk sisi produksi, di sisi lain, lembaga statistik mengatakan produksi cepat semikonduktor memimpin kenaikan produksi industri bulan lalu, bersama dengan kenaikan produksi bahan kimia dan komponen elektronik.

Meningkatnya permintaan untuk ponsel baru, produksi chip melonjak 46,7 persen dari tahun sebelumnya, diikuti dengan kenaikan 2,8 persen pada bahan kimia dan kenaikan 3,6 persen di bagian elektronik.

Namun, produksi mobil mundur 6 persen pada tahunan. "Bagian produksi sangat tergantung pada ekspor, yang telah di penurunan berlarut-larut selama hampir dua tahun," kata pejabat itu.

Pengiriman keluar Korea Selatan anjlok 10,2 persen pada Juli, memperpanjang rekor pelemahan 19 bulan berturut-turut.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center Editor: Asido Situmorang

open-account-button

 

Pemberitahuan Adanya Resiko: Perdagangan Kontrak Berjangka belum tentu layak bagi semua investor. Investasi ini dapat menghasilkan keuntungan yang besar, namun juga menghasilkan kerugian yang besar hingga habisnya dana yang di investasikan. Pastikan anda benar-benar mengerti resiko dan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan. Informasi di dalam website ini tidak menjamin keberhasilan (profit/keuntungan) dalam melakukan transaksi di PT. Century Investment Futures dan PT. Century Investment Futures tidak bertanggung jawab atas kegagalan (loss/kerugian) yang terjadi pada transaksi akibat menggunakan website ini sebagai referensi.

bappebtijfxicdxlogokbibaruEichLOGO RTFI PNG 2Metaquotes company logo 1