Harga CPO Bulan Agustus Naik Tinggi 8,6 Persen

Bursa Malaysia pada akhir bulan Rabu (31/08) libur memperingati Hari Kemerdekaan Malaysia. Harga CPO di bursa komoditas Malaysia terakhir kemarin siang, Selasa (30/08) berakhir naik. Kenaikan harga CPO terdukung pelemahan Ringgit dan kenaikan harga minyak mentah sesi Asia.

Pelemahan ringgit menjadikan harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang tersebut menjadi relatif lebih murah bagi pembeli luar negeri sehingga permintaannya meningkat.

Kenaikan harga CPO juga didukung kenaikan minyak mentah pada sesi perdagangan Asia.  

Harga kontrak November 2016 yang merupakan kontrak paling aktif berakhir menguat sebesar 11 ringgit dan diperdagangkan pada posisi 2.526 ringgit per ton.

Pada bulan Agustus, harga komoditas CPO ini bukukan hasil besar, melonjak 199 ringgit atau 8,6 persen, dan ditutup pada posisi 2.526 ringgit per ton. Kenaikan harga CPO sebagian besar terdukung pelemahan mata uang Ringgit dan kenaikan harga minyak mentah. Kenaikan  harga CPO juga didukung defisit pasokan CPO Malaysia.

Untuk perdagangan CPO selanjutnya, maka perlu dicermati sentimen penggerak harga CPO.

Sore hari ini terpantau mata uang Ringgit melemah terhadap dollar AS. Pasangan kurs USDMYR menguat 0,38 persen pada 4.0675.

Pelemahan Ringgit terjadi dengan Dolar AS menguat setelah baru-baru ini komentar hawkish Ketua Fed Janet Yellen dan Wakil Ketua Stanley Fischer mendorong ekspektasi bahwa kenaikan suku bunga oleh bank sentral AS pada pertemuan kebijakan di bulan September bisa terjadi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga CPO berjangka pada perdagangan selanjutnya berpotensi menguat dengan potensi pelemahan Ringgit.

Harga CPO berjangka kontrak November 2016 di bursa komoditas Malaysia berpotensi mengetes level Resistance pada posisi 2.580 ringgit dan 2.630 ringgit. Sedangkan level Support yang akan diuji jika terjadi penurunan harga ada pada posisi 2.480 ringgit dan 2.430 ringgit.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center Editor: Asido Situmorang

Pemberitahuan Adanya Resiko: Perdagangan Kontrak Berjangka belum tentu layak bagi semua investor. Investasi ini dapat menghasilkan keuntungan yang besar, namun juga menghasilkan kerugian yang besar hingga habisnya dana yang di investasikan. Pastikan anda benar-benar mengerti resiko dan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan. Informasi di dalam website ini tidak menjamin keberhasilan (profit/keuntungan) dalam melakukan transaksi di PT. Century Investment Futures dan PT. Century Investment Futures tidak bertanggung jawab atas kegagalan (loss/kerugian) yang terjadi pada transaksi akibat menggunakan website ini sebagai referensi.

bappebtijfxicdxlogokbibaruEichLOGO RTFI PNG 2Metaquotes company logo 1