Bursa Hong Kong 2 September Naik Tinggi 1,5 Tahun; Mingguan Lompat 1,6 Persen

Pada penutupan perdagangan akhir pekan Jumat (02/09), indeks Hang Seng di Bursa Hong Kong ditutup naik 104,36 poin, atau 0,45 persen pada 23.266,70. Kenaikan ini merupakan posisi tertinggi dalam 1,5 tahun. Penguatan indeks Hang Seng terdorong masuknya arus modal dari daratan Tiongkok terpicu akan diaktifkannya perdagangan saham Hong Kong-Shenzen.

Secara mingguan, bursa Hong Kong bukukan hasil signifikan kenaikan 1,6 persen, sebagian besar terdorong respon positif jalur perdagangan saham Hong Kong - Shenzen yang akan dibuka bulan November ini.

Lihat : Indeks Hang Seng 1 September Dibuka Lemah Tertekan Kekuatiran Kenaikan Suku Bunga AS

Investor Tiongkok meningkatkan pembelian saham blue-chip seperti HSBC dan Bank of China di jalur perdagangan saham Shanghai-Hong Kong, dengan arus masuk uang mingguan di bawah skema lintas batas bergelombang menjadi 17,7 miliar yuan ($ 2650000000), level tertinggi sejak April lalu.

Ketertarikan investor Tiongkok di saham Hong Kong melonjak setelah Xinhua News Agency melaporkan pada hari Selasa Shenzhen-Hong Kong Connect diperkirakan akan diluncurkan pada pertengahan atau akhir November, lebih awal dari yang diharapkan banyak orang.

Pada hari Rabu, investor Tiongkok menghabiskan 4,3 miliar yuan membeli saham Hong Kong di bawah Shanghai-Hong Kong Connect, terbesar sejak 24 Juni dan diikuti oleh jumlah yang sama pada hari Kamis dan Jumat.

"Harapan dari Shenzhen-Hong Kong Connect merupakan salah satu faktor yang mendorong uang ke selatan," kata Yang Weixiao, analis di Founder Securities.

Selain itu, "valuasi saham Hong Kong relatif rendah, menarik uang untuk mencari perlindungan."

Sementara itu pergerakan indeks berjangka Hang Seng naik 166,00 poin atau 0,72% pada  23,376.00, naik dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 23,210.00.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa indeks Hang Seng akan bergerak mencermati data NFP AS yang diindikasikan melemah. Jika terealisir akan menguatkan bursa Hong Kong. Indeks Hang Seng diperkirakan akan bergerak di kisaran Support 22.702-22.238 dan kisaran Resistance 23.783-24.287.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center Editor : Asido Situmorang

Pemberitahuan Adanya Resiko: Perdagangan Kontrak Berjangka belum tentu layak bagi semua investor. Investasi ini dapat menghasilkan keuntungan yang besar, namun juga menghasilkan kerugian yang besar hingga habisnya dana yang di investasikan. Pastikan anda benar-benar mengerti resiko dan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan. Informasi di dalam website ini tidak menjamin keberhasilan (profit/keuntungan) dalam melakukan transaksi di PT. Century Investment Futures dan PT. Century Investment Futures tidak bertanggung jawab atas kegagalan (loss/kerugian) yang terjadi pada transaksi akibat menggunakan website ini sebagai referensi.

bappebtijfxicdxlogokbibaruEichLOGO RTFI PNG 2Metaquotes company logo 1