Bursa Eropa Bergerak Naik Terdorong Rebound Minyak Mentah dan Data Manufaktur Tiongkok

Bursa Saham Eropa bergerak lebih tinggi di perdagangan hari Kamis (01/09) terdorong terhadap rebound harga minyak mentah dan data ekonomi Tiongkok.

Indeks FTSE berada pada 6.823,17, naik 41,66 poin atau 0,61%

Indeks DAX berada pada 10.638,57, naik 45,88 poin atau 0,43%

Indeks CAC berada pada 4.473,72, naik 35.50 poin atau 0.80%

Indeks IBEX 35 berada pada 8.801,60, naik 84,80 poin atau 0,97%

Indeks STOXX 600-Pan Eropa lebih tinggi dengan hampir semua sektor di wilayah positif. Saham Roche juga diperdagangkan di wilayah positif setelah produsen obat tersebut menyatakan obat kanker Tecentriq imunoterapi telah menghasilkan hasil yang positif dalam studi Tahap III.

Hays adalah pemain terburuk pada indeks, turun 3,4 persen, setelah mengatakan perekrutan di Inggris melemah secara signifikan tak lama setelah keputusan 23 Juni untuk meninggalkan Uni Eropa.

Pemain terbaik pada indeks itu Elekta, naik 3,9 persen, setelah pembuat peralatan terapi radiasi mencatat laba inti kuartal pertama di atas perkiraan, Reuters melaporkan.

Pasar Eropa melawan tren suram diatur di Asia, di mana pasar diperdagangkan sebagian besar lebih rendah pada hari Kamis, mengabaikan pembacaan yang lebih baik dari perkiraan pada sektor manufaktur Tiongkok.

Survei pemerintah untuk perusahaan besar di sektor manufaktur melihat kenaikan dalam aktivitas pabrik bulan lalu. Indeks PMI manufaktur resmi untuk Agustus naik menjadi 50,4, mengalahkan perkiraan Reuters dari 49,9 dan cetak Juli 49,9. Tingkat di atas 50 menunjukkan ekspansi, sementara tingkat bawah menunjukkan kontraksi.

Lihat : Pertumbuhan Manufaktur Tiongkok Agustus Naik Tertinggi 22 Bulan

Pasar minyak juga menjadi fokus setelah harga naik di perdagangan Asia, dibantu oleh dolar yang lebih lemah. Harga minyak telah jatuh sekitar 3 persen pada sesi sebelumnya di belakang data yang menunjukkan peningkatan mengejutkan dalam persediaan minyak mentah dan distilasi AS pekan lalu, Reuters melaporkan.

Lihat : Harga Minyak Mentah Sesi Asia Naik Terbantu Pelemahan Dollar AS

Sementara itu, investor juga bersiap-siap untuk data pekerjaan AS yang sangat penting pada hari Jumat. Laporan non-farm payrolls akan dicermati oleh Federal Reserve AS dan bisa menentukan apakah bank sentral meningkatkan suku bunga pada bulan September.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati data ekonomi, juga pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center Editor : Asido Situmorang

 

open-account-button

 

Pemberitahuan Adanya Resiko: Perdagangan Kontrak Berjangka belum tentu layak bagi semua investor. Investasi ini dapat menghasilkan keuntungan yang besar, namun juga menghasilkan kerugian yang besar hingga habisnya dana yang di investasikan. Pastikan anda benar-benar mengerti resiko dan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan. Informasi di dalam website ini tidak menjamin keberhasilan (profit/keuntungan) dalam melakukan transaksi di PT. Century Investment Futures dan PT. Century Investment Futures tidak bertanggung jawab atas kegagalan (loss/kerugian) yang terjadi pada transaksi akibat menggunakan website ini sebagai referensi.

bappebtijfxicdxlogokbibaruEichLOGO RTFI PNG 2Metaquotes company logo 1