Optimisme Konsumen Tiongkok Agustus Turun Terendah 6 Bulan

Optimisme konsumen Tiongkok merosot bulan Agustus. Indikator Sentimen konsumen Westpac MNI yang dirilis Rabu (31/08), turun lebih jauh 2,2% pada bulan Agustus untuk 111.5 turun dari 114,0 pada bulan Juli dan 115,9 pada bulan Juni. Indikator ini kembali dekat rendah terbaru pada bulan Februari dan dekat dengan rendah 9 thn terlihat pada Oktober 2015.

Survei di lapangan selama paruh pertama bulan Agustus mungkin telah dipengaruhi oleh banjir dalam beberapa bulan terakhir yang telah mempengaruhi 24 dari China 36 provinsi.

china-mni-consumer-sentiment

Empat dari lima komponen menurun pada bulan Agustus. Pandangan tentang prospek jangka pendek tercatat turun paling tajam tarik.

Komponen pembiayaan keluarga 12 bulan ke depan turun 7,8% dan komponen kondisi bisnis 12 bulan ke depan turun 4,7%. Kedua komponen melihat penurunan tajam terutama di China North East dimana peristiwa cuaca baru-baru ini telah lebih parah.

Penilaian dari komponen 'keuangan keluarga vs setahun yang lalu' mencatat penurunan 1,1% lebih ringan dengan proyeksi di 'kondisi bisnis 5 tahun ke depan mencatat penurunan 0,9% tapi masih memegang pada tingkat terutama lemah, 8ppts di bawah rata-rata historisnya.

Komopnen 'Waktu untuk membeli item utama' adalah satu-satunya meningkat, mencatat kenaikan 2,1%.

Konsumen Tiongkok juga nyata lebih suram pada kondisi bisnis saat ini: indeks 'kondisi bisnis vs setahun yang lalu' turun 5,5%, turun kembali di bawah rata-rata setelah mencapai 2,5 tahun tinggi pada bulan Juli (dicatat bahwa indeks ini bukan bagian dari komposit judul tapi sangat berkorelasi dengan langkah-langkah lain dari kegiatan industri). Indeks keamanan kerja mencatat penurunan serupa, indikator kerja tenggelam 6,2% menjadi 12ppts hampir di bawah rata-rata.

Sikap konsumen terhadap real estate lebih dicampur di bulan ini. Komposit perumahan naik 0,2% secara nasional dan tetap sedikit di atas rata-rata. Namun, dalam mengukur, harapan harga rumah yang dipangkas kembali (-0,6%) dan proporsi pencalonan real estate sebagai 'tempat paling bijaksana untuk penghematan' menurun 3ppts, bergerak kembali dari ke 18 bulan tinggi. Lebih sedikit konsumen melaporkan 'rumah pembelian' sebagai motivasi untuk menyimpan 'utama mereka (8,6% turun dari 11%). Positif utama adalah sekitar 'waktu untuk membeli' di mana penilaian yang cukup kencang (+ 2,1%).

Indeks rencana pembelian dilaporkan konsumen juga turun kembali tajam pada bulan Agustus dari tingkat harapan positif pada bulan Juni-Juli. Kondisi membeli dirasakan mengangkat lebih baik, meningkatkan dalam banyak kasus dan menjadi umumnya pada atau sedikit di atas rata-rata.

Konsumen Tiongkok kurang yakin bahwa kondisi bisnis membaik dan terlihat akan menguat untuk keuangan mereka. Tetapi mengingat pentingnya permintaan konsumen sebagai pendorong pertumbuhan Tiongkok pada saat ini, setiap kehilangan momentum menyangkut dan ancaman apa masih hanya perbaikan tambal sulam dalam perekonomian yang lebih luas. Memulihkan kepercayaan akan sangat penting untuk menopang permintaan dalam waktu dekat dan mungkin juga penting untuk memastikan pemulihan yang lebih tahan lama.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center Editor : Asido Situmorang

open-account-button

 

Pemberitahuan Adanya Resiko: Perdagangan Kontrak Berjangka belum tentu layak bagi semua investor. Investasi ini dapat menghasilkan keuntungan yang besar, namun juga menghasilkan kerugian yang besar hingga habisnya dana yang di investasikan. Pastikan anda benar-benar mengerti resiko dan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan. Informasi di dalam website ini tidak menjamin keberhasilan (profit/keuntungan) dalam melakukan transaksi di PT. Century Investment Futures dan PT. Century Investment Futures tidak bertanggung jawab atas kegagalan (loss/kerugian) yang terjadi pada transaksi akibat menggunakan website ini sebagai referensi.

bappebtijfxicdxlogokbibaruEichLOGO RTFI PNG 2Metaquotes company logo 1