Belanja Rumah Tangga Jepang Juli Turun 5 Bulan Berturut

Belanja rumah tangga Jepang turun kurang dari yang diharapkan pada bulan Juli. Tapi dengan ekonomi hampir tidak tumbuh dan inflasi meluncur lebih jauh dari target 2 persen Bank of Japan, mayoritas ekonom memperkirakan bank untuk memperluas stimulus moneter lanjutan bulan depan, ketika melakukan kajian komprehensif dari efek program stimulus yang ada.

Pengeluaran rumah tangga turun 0,5 persen pada Juli dari tahun sebelumnya, kurang dari perkiraan pasar median untuk penurunan 0,9 persen dan jauh lebih kecil dari penurunan 2,3 persen pada Juni, demikian data dari Kementerian Dalam Negeri menunjukkan Selasa (30/08). Hasil ini merupakan penurunan lima bulan berturut-turut.

japan-household-spending (3)

Ekonomi Jepang terhenti pada bulan April-Juni dan analis memperkirakan rebound pada kuartal saat ini menjadi sederhana sebagai pertumbuhan global yang lemah dan kenaikan 20 persen yen terhadap dolar tahun ini menekan ekspor dan belanja modal.

Konsumsi telah mengalami stagnasi bahkan sebagai penduduk usia kerja menyusut dan perbaikan bertahap dalam perekonomian menyebabkan pengetatan pasar kerja, sebagai perusahaan tetap waspada meningkatkan upah bagi pekerja tetap karena takut ireversibel meningkatkan biaya tetap.

Keengganan yang telah terbukti menjadi halangan bagi para pembuat kebijakan berjuang untuk mengakhiri dua dekade deflasi dengan langkah-langkah stimulus moneter dan fiskal yang agresif, berharap kebijakan ini akan memacu ekspektasi inflasi ke depan dan rumah tangga yang cepat untuk menghabiskan lebih banyak sekarang daripada menyimpan.

Meskipun tiga tahun pencetakan uang berat oleh BOJ, belanja rumah tangga lembut dan penguatan yen menekan biaya impor telah mempertahankan inflasi yang jauh dari target 2 persen bank.

Harga konsumen inti turun pada bulan Juli oleh yang paling dalam lebih dari tiga tahun karena lebih banyak perusahaan menunda kenaikan harga akibat konsumsi yang lemah, menjaga BOJ di bawah tekanan untuk memperluas program stimulus yang sudah besar.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center Editor: Asido Situmorang

open-account-button

 

Pemberitahuan Adanya Resiko: Perdagangan Kontrak Berjangka belum tentu layak bagi semua investor. Investasi ini dapat menghasilkan keuntungan yang besar, namun juga menghasilkan kerugian yang besar hingga habisnya dana yang di investasikan. Pastikan anda benar-benar mengerti resiko dan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan. Informasi di dalam website ini tidak menjamin keberhasilan (profit/keuntungan) dalam melakukan transaksi di PT. Century Investment Futures dan PT. Century Investment Futures tidak bertanggung jawab atas kegagalan (loss/kerugian) yang terjadi pada transaksi akibat menggunakan website ini sebagai referensi.

bappebtijfxicdxlogokbibaruEichLOGO RTFI PNG 2Metaquotes company logo 1