PDB Q2 Inggris Raya Sesuai Perkiraan, Q3 Diperkirakan Melambat

Kenaikan belanja konsumen membantu kekuatan ekonomi Inggris unggul di bulan berjalan sampai dengan referendum Uni Eropa, demikian rilis kantor statistik resmi Inggris Raya, Jumat (26/08).

Kantor Statistik Nasional mengkonfirmasi perkiraan sebelumnya bahwa pertumbuhan PDB naik 0,6% pada kuartal kedua dari 0,4% pada kuartal pertama.

Angka-angka akan menjadi dorongan untuk kanselir Philip Hammond, yang telah berulang kali menegaskan Inggris memasuki periode pasca-referendum dari posisi yang kuat. Para ekonom mengatakan kuartal kedua akan datang untuk mewakili titik tinggi untuk tahun ini, dengan pertumbuhan terhenti selama beberapa bulan mendatang karena menekan kepercayaan bisnis Uni Eropa.

united-kingdom-gdp-growth (4)

Angka-angka April-to-Juni termasuk data untuk waktu yang singkat setelah referendum Uni Eropa pada tanggal 23 Juni. "Ada sangat sedikit bukti menunjukkan bahwa referendum telah berdampak pada PDB di kuartal 2 2016," kata ONS.

Ini memberikan detail lebih lanjut tentang apa yang mendorong pertumbuhan pembaruan GDP ini, dengan investasi bisnis rebound 0,5% pada kuartal kedua, dibandingkan dengan penurunan 0,6% pada kuartal pertama.

Pengeluaran rumah tangga naik 0,9% setelah naik 0,7% pada kuartal pertama. Itu pertumbuhan kuartalan terkuat dalam pengeluaran selama hampir dua tahun dan menambah bukti bahwa kerja yang kuat, suku bunga rendah dan inflasi rendah buoying sentimen konsumen.

Tapi usaha bersih terus menyeret pada pertumbuhan PDB sebagai kesenjangan antara ekspor dan impor melebar lebih jauh pada kuartal kedua. Ekspor naik tipis 0,1% pada kuartal kedua namun impor tumbuh jauh lebih kuat 1%.

Secara tahunan, pengeluaran rumah tangga naik 3%, pertumbuhan terkuat sejak akhir 2007, sebelum krisis keuangan. Bisnis investasi turun 0,8% pada tahun sebelumnya. PDB secara keseluruhan naik 2,2% pada tahun ini.

Kepala ekonom ONS Joe Grice mengatakan perekonomian tumbuh dengan kuat pada bulan April, dan kemudian tetap relatif datar pada Mei dan Juni.

Bisnis Investasi tumbuh pada kuartal kedua, sebagian berkat perusahaan menghabiskan pada peralatan transportasi seperti mobil dan pesawat. Namun, tingkat investasi tetap rendah dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu.

Tapi banyak memperkirakan pertumbuhan akan melambat dalam kuartal Juli-September.

Sudah ada tanda-tanda bahwa ekonomi kehilangan momentum sebelum pemungutan suara, berdasarkan angka-angka untuk bulan individual pada kuartal kedua, kata Scott Bowman, ekonom Inggris di Capital Economics. Diperkirakan pertumbuhan jatuh ke nol pada kuartal ketiga dan keempat tahun ini.

"Ke depan, pertumbuhan tampaknya akan melambat secara signifikan pada paruh kedua tahun karena ketidakpastian terkait dengan suara Brexit mengambil korban. Indeks produksi bulanan menyarankan bahwa aktivitas jatuh pada bulan Mei dan naik hanya sedikit pada bulan Juni, dengan hampir semua pertumbuhan kuartal kedua ini datang pada bulan April, "katanya.

"Memang, belanja konsumen tampaknya telah mengangkat cukup baik sejak referendum. Tapi langkah-langkah survei dari aktivitas bisnis telah terpukul dan sebagian besar perusahaan mengatakan investasi mereka akan turun sebagai akibat Brexit"

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center Editor : Asido Situmorang

open-account-button

 

Pemberitahuan Adanya Resiko: Perdagangan Kontrak Berjangka belum tentu layak bagi semua investor. Investasi ini dapat menghasilkan keuntungan yang besar, namun juga menghasilkan kerugian yang besar hingga habisnya dana yang di investasikan. Pastikan anda benar-benar mengerti resiko dan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan. Informasi di dalam website ini tidak menjamin keberhasilan (profit/keuntungan) dalam melakukan transaksi di PT. Century Investment Futures dan PT. Century Investment Futures tidak bertanggung jawab atas kegagalan (loss/kerugian) yang terjadi pada transaksi akibat menggunakan website ini sebagai referensi.

bappebtijfxicdxlogokbibaruEichLOGO RTFI PNG 2Metaquotes company logo 1