Arus Masuk Modal ke Obligasi Jepang Meningkat, Investasi Saham Jatuh

Arus modal yang masuk ke obligasi Jepang naik minggu lalu, sementara investasi di saham jatuh, menurut data terbaru yang dirilis oleh Departemen Keuangan Jepang pada hari Kamis (25/08).

Investor membeli bersih obligasi senilai ¥ 433.1 miliar pada minggu hingga 19 Agustus. Investasi obligasi asing mencapai $ 1.297.5 miliar minggu sebelumnya.

Investor menjual bersih saham senilai ¥ 229.6 miliar dalam minggu yang sama, menyusul pembelian bersih ¥ 94.7 miliar.

Data arus modal Jepang memiliki implikasi langsung pada yen Jepang, yang dipengaruhi oleh investasi asing.

Yen Jepang telah menguat hampir 6% terhadap dolar AS selama bulan lalu dan menunjukkan beberapa tanda-tanda mereda. Setelah upaya untuk melemahkan yen berulang, Bank of Japan (BOJ) dipandang oleh investor kurang mampu mengemudi depresiasi lebih lanjut dalam mata uang lokal. BOJ mungkin memiliki sesuatu untuk dikatakan tentang itu pada pertemuan kebijakan bulan depan, di mana diharapkan untuk mengungkap upaya stimulus baru untuk menyalakan sekering dalam ekonomi yang hampir mati.

BOJ hampir menggandakan ukuran program pembelian ETF pada pertemuan kebijakan tanggal 29 Juli tapi berhenti singkat menyesuaikan suku bunga atau meluncurkan kebijakan stimulus baru. Suku bunga telah terjebak di wilayah negatif sejak awal tahun ini.

Pelemahan dolar AS dan harapan yang berkembang bahwa yen akan naik lebih lanjut juga telah membantu nilai yen tertinggi multi-tahun. Aksi jual pasar yang terinspirasi Brexit pada akhir Juni juga menaikkan mata uang Jepang.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center Editor : Asido Situmorang

open-account-button

 

Pemberitahuan Adanya Resiko: Perdagangan Kontrak Berjangka belum tentu layak bagi semua investor. Investasi ini dapat menghasilkan keuntungan yang besar, namun juga menghasilkan kerugian yang besar hingga habisnya dana yang di investasikan. Pastikan anda benar-benar mengerti resiko dan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan. Informasi di dalam website ini tidak menjamin keberhasilan (profit/keuntungan) dalam melakukan transaksi di PT. Century Investment Futures dan PT. Century Investment Futures tidak bertanggung jawab atas kegagalan (loss/kerugian) yang terjadi pada transaksi akibat menggunakan website ini sebagai referensi.

bappebtijfxicdxlogokbibaruEichLOGO RTFI PNG 2Metaquotes company logo 1