Harga Karet Tocom 2 September Bergerak Naik Terbantu Pelemahan Yen dan Kenaikan Minyak

Harga karet Tocom pada perdagangan sesi siang Jumat (02/09) bergerak naik. Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu Januari 2017 menguat terbantu pelemahan Yen dan kenaikan harga minyak mentah.

Terpantau mata uang Yen Jepang mengalami pelemahan. Pasangan mata uang USDJPY diperdagangkan menguat 0,10 persen pada 103.35.

Pelemahan yen membuat harga karet alami berjangka Tocom terangkat. Bagi para pembeli luar negeri dengan melemahnya nilai tukar yen membuat harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang tersebut menjadi relatif lebih murah sehingga permintaannya mengalami peningkatan.

Kenaikan harga karet Tocom juga didukung kenaikan minyak mentah pada sesi perdagangan Asia.  

Harga minyak mentah naik pada perdagangan sesi Asia hari Jumat (02/09) setelah kerugian lebih dari 3 persen sehari sebelumnya, dengan investor berhati-hati menjelang data pekerjaan kunci AS yang akan membantu mengukur kesehatan ekonomi.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate naik 24 sen menjadi $ 43,40 per barel, didukung oleh melemahnya dolar AS.

Harga minyak mentah berjangka Brent telah naik 27 sen menjadi $ 45,72 per barel pada 0426 GMT.

Lihat : Harga Minyak Mentah Sesi Asia Naik Terdukung Pelemahan Dollar AS

Kenaikan harga minyak mentah membuat biaya produksi karet sintetis menjadi lebih mahal. Dampaknya permintaan terhadap komoditas karet alami seperti yang diperdagangkan di Tocom mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Februari 2017 siang ini bergerak naik sebesar 1,9 yen atau 1,2 persen pada posisi 157,80 yen per kilogram, naik dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya pada 155,90 yen per kilogram.

Lihat : Harga Karet Tocom 1 September Berakhir Naik 2,6 Persen Terbantu Kenaikan Minyak Mentah

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan selanjutnya hari ini masih berpotensi menguat dengan pelemahan Yen.

Untuk sesi perdagangan selanjutnya harga diperkirakan akan menemui level Resistance di posisi 163,00 yen. Resistance selanjutnya ada di 168,00 yen. Sementara itu jika harga melemah akan menemui Support di posisi 153,00  yen dan 148,00  yen.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center Editor: Asido Situmorang

open-account-button

 

Pemberitahuan Adanya Resiko: Perdagangan Kontrak Berjangka belum tentu layak bagi semua investor. Investasi ini dapat menghasilkan keuntungan yang besar, namun juga menghasilkan kerugian yang besar hingga habisnya dana yang di investasikan. Pastikan anda benar-benar mengerti resiko dan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan. Informasi di dalam website ini tidak menjamin keberhasilan (profit/keuntungan) dalam melakukan transaksi di PT. Century Investment Futures dan PT. Century Investment Futures tidak bertanggung jawab atas kegagalan (loss/kerugian) yang terjadi pada transaksi akibat menggunakan website ini sebagai referensi.

bappebtijfxicdxlogokbibaruEichLOGO RTFI PNG 2Metaquotes company logo 1